Rabu, 16 Juli 2008

Dokter aku Letih

Dokter…. aku letih..!!

Setelah diadakan pemeriksaan, ternyata orang orang yang mengeluh
sakit tidak ditemukan penyakit apapun pada diri mereka, semua prosedur pemeriksaan menunjukkan negarif, akan tetapi orang orang tsb tetap mengeluhkan berbagai macam penyakit pada dirinya.

Saya membutuhkan waktu yang panjang untuk menjelaskan bahwa dirimereka dalam keadaan baik tidak kekurangan apapun. Penjelasan ini diantara mereka ada yang menerima dan kembali sehat ,dan sebagian lagi tidak bisa menerima, tetap pada pendiriannya bahwa mereka sedag sakit, mereka tetap was was, dan kawatir. Mereka tidak akan saembuh kecuali mereka menjalankan apa yang saya sarankan.


Kisah pertama.

Tentang seorang wanita terpandang, Setelah shalat isya suami wanita tersebut datang kepadaku , memohon agar aku memeriksa keadaan istrinya yang sering mengeluhkan , jantungnya yang berdebar debar, merasa lelah disekujur tubuh, sesak nafas , asam lambung , usus besar leher lutut , nyeri sendi , kepala pusing.

Saya meminta kepada orang tersebut untuk membawa istrinya kerumah
sakit esok hari.


Saya melakukan beberapa prosedur pemeriksaan dengan penuh keyakinan,
bahwa wanita tersebut dalam keadaan normal dan memang begitu adanya.


Pada kunjungan kedua, saya mengingatkannya tentang masalah masalah yg membuatnya gundah gulana, diantaranya masalah anak anaknya,tentang bagaimana pendidikannya,

Lalu saya jelaskan bahwa Allah adalah maha pengasih dan maha pemberi
rezeki, sebagai muslim selesai menunaikan shalat kita selalu ngulang
bacaan :


ya Allah tidak ada yang bisa menghalangi apa yang Engkau berikan
dan tidak ada yang bisa memberikan apa yang engkau tahan. Kekayaan
dan martabat tidak berguna dihadapa-Mu’


Kemudian saya bertanya pada wanita tersebut

” Apakah anda selalu melaksanakan Shalat subuh tepat pada waktunya.?”

ia menjawab ”kadang kadang”

”apakah anda selalu membaca AL-Qur’an dengan teratur ?”
ia menjawab ” Tidak ”

“apakah anda suka mendengarkan lagu dan alat musik?”

ia menjawab ”Ya”


saya bertanya ” Apakah anda ingin disembuhkan oleh Allah ? ” ia menjawab dengan terheran heran, ”tentu saja aku ingin sembuh”
”kalau begitu ikuti perintah Allah.

Allah telah berfirman.
ingatlah, hanya dengan mengingati Allah , hati menjadi tenteram
(QS, Al rad ’28 )

Allah ta’ala berfirman
’Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan perbuatan ) keji
dan mungkar
(QS, Al Ankabut:45)

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya
yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi oarang orang yang
khusu.

(QS. Al-Baqarah:45)


Disamping itu Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa sallam telah
bersabda,

Shalat adalah cahaya.”

Beliau juga bersabda
Telah dijadikan permata (penyejuk) hatiku didalam Shalat”

dan begitu pula Allah Ta’ ala menghapus kesalahan kesalah dengan
shalat lima waktu”


Saudariku ... jagalah shalat subuh, begitu juga dengan shalat shalat
yang lainnya ,
tunaikan tepat pada waktunya, dan mulai sekarang mulailah untuk mendirikan shalat malam, biasakanlah untuk membaca zikir zikir pagi dan sore, biasakan tiap hari tiap tiap hari untuk membaca wirid – wirid dari Al-Qur’an, mintalah kesembuhan dari Allah Ta’ala karena Allah pasti akan menyembuhkanmu.

Kemudian aku menyebutkan beberapa do’a dan dzikir diantaranya... Apa yang Rasullullah Shallallahu Alihi wa Sallam dalam sabdanya...

”Wahai Tuhan segenap manusia, hilangkanlah segala penyakit dan sembuhkanlah, Engkau-lah yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali Kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan penyakit sedikitpun.


Saya memintanya untuk melupakan segala kekhawatiran akan masa depan anak-anak dan suaminya,karena yang harus ia lakukan hanyalah berusaha dan berupaya dengan cara yang tidak bertentangan dengan ajaran agama, sedangkan hasil usaha dan upaya tersebut adalah rahasia Allah Ta’ala.

Saya memintanya untuk lebih yakin lagi terhadap takdir, entah takdir
itu baik atau buruk , untuk tidak melihat kenikmatan kenikmatan yang
diterima oleh orang lain , sebaiknya agar ia menghiting-hitung kenikmatan yang sangat banyak yang telah ia terima dari Allah Ta’ala
dan mensyukurinya.


Saya rasa wanita itu mendengarkan seluruh perkataanku dengan segenap
jiwa raganya, lalu ia meninggalkanku dengan penuh rasa suka cita sambil mendoakanku.


Tiga minggu kemudian aku bertemu dengan suaminya di masjid, tak lupa
aku menanyakan keadaan istrinya. Ia berkata ”Maha suci Allah, Allah telah menyembuhkan istriku,
setelah istriku menjaga dan memelihara shalat wajibnya, shalat
malamnya, dzikir-dzikirnya, dan bacaan Al-Qur’annya, ia berkata padaka ” sekarang hatiku telah menjadi tenteram, aku sangat yakin bahwa dunia adalah sebagaimana yang disabdakan oleh Rasullillah shallallahu Alihi Wassalam,
Andaikan dunia bagi Allah bagaikan sayap seekor nyamuk, maka orang
kafir tidak akan minum seteguk airpun darinya”


-----------------------------------------------------
Dicukil dari buku kesaksian seorang dokter
(dr. Khalid bin Abdul Aziz Al-Jubair, SpJP.
Dokter Spesialis Bedah dan Jantung bertugas di Riyadh , Saudi Arabia)

Tidak ada komentar: