Rabu, 23 Juli 2008

Jantung Manusia

Banyak orang bertanya kepada saya “ apakah jantung manusia itu bermacam macam?
Adakah jantung yang berwarna hitam atau berwarna putih?
Adakah perbedaan antara jantung orang jahat dan jantung orang mukmin?”
Pertanyaan ini sering terlontar, dan saya yakin pertanyaan seperti ini pasti sering juga ditemui oleh rekan rekanku para dokter bedah jantung.

Tentu jawaban saya tidak pernah berubah, ”Tidak ada, tidak ada jantung yang berwarna hitam maupun jantung berwarna putih, dan jantung orang mukminin tidak ada bedanya dengan jantung orang kafir maupun orang orang yang banyak bermaksiat.”

Akan tetapi memang ada perbedaan antara jantung orang yang baik dan jantung orang jahat,
tidak hanya perbedaan dari sisi anatomi saja, akan tetapi ada perbedaan antara yang sedang menderita sakit, lalu apakah perbedaannya?

Saudaraku... jantung ternyata bermacam macam, ada kejadian yang membuktikan hal tersebut.
Dan disini saya akan menceritakan kisah yang berkenaan dengan hal ini.

Kisah ini tentang seorang pemuda berusia tiga puluh lima tahun.
Saya tidak sempat berbincang bincang dengannya sebelum melaksanakan operasi bedah.
Saat itu ia terpaksa menjalani operasi pemulihan katup pada Aorta,
biasanya operasi semacam ini memakan waktu empat dingga enam jam.

Saat memasuki ruang operasi saya merasa sangat nyaman dan tenang,
saya masih bisa merasakannya jika saya mengingatnya.
Demikian juga saat saya memulai operasi, hati terasa nyaman dan tenang.

Keajaiban tidak berhenti disitu saja,
operasi tersebut berjalan sangat lancar, sehingga saya bisa menyelesaikan dalam waktu singkat
tidak seperti biasanya, operasi ini hanya memakan waktu dua setengah jam.

Keesokan harinya saya menemuinya.
Sebagai mana yang saya duga ia dalam keadaan yang sangat baik.
Saya merasa pasti ada satu rahasia yang dimiliki pemuda ini, maka saya mulai mendekatinya untuk mengetahui rahasia tersebut.
Ketika ia menceritakan rahasianya , saya tidak terkejut atas rasa nyaman dan tenang yang saya alami ketika melakukan operasi bedah padanya.

Pemuda itu melakukan suatu perbuatan yang aneh dan menakjubkan....,
ia adalah seorang guru pada sekolah Menengah Atas.
Setiap hari Kamis ia memanggil sekitar lima hingga sepuluh pemuda dari murid muridnya yang terjerumus dalam kemaksiatan atau sejenisnya.
Ia juga mengundang dua atau tiga anak dari pelajar yang baik.
Ia pergi berekreasi bersama anak anak tersebut, ia juga selalu menyiapkan makanan malam untuk mereka, rombongan itu pulang saat tengah malam.

Hal itu ia lakukan setiap minggu,
ia menceritakan , ”Dengan cara ini saya bisa menunjukkan jalan yang lurus kepada banyak pemuda.”

Saudaraku sungguh perbuatan itu adalah perbuatan mulia, yang sulit untuk dilakukan kecuali oleh orang orang yang hatinya penuh dengan cahaya iman ,
yaitu mereka yang ingin menjadi salah satu bagian dari mereka yang disebutkan Allah Ta’ala dalam firmanNya,

”Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.”
(QS.Ali Imran:110)


-----------------------------------------------------------------------------------------

Dicukil dari buku kesaksian seorang dokter
(dr. Khalid bin Abdul Aziz Al-Jubair, SpJP.
Dokter Spesialis Bedah dan Jantung bertugas di Riyadh , Saudi Arabia)

Tidak ada komentar: