Sabtu, 30 Agustus 2008

Besyukur

Diriwayatkan dari Atha’ ia berkata, suatu ketika aku datang pada Aisyah dan bertanya “ kabarkanlah kepadaku tentang sesuatu yang mengagumkan pada diri Rasulullah saw. “

Aisyah lalu menangis dan berkata “ Segala yang ada pada diri Rasulullah saw. Sungguh mengagumkan, hanya saja yang lebih membuat aku merasa kagum ialah, suatu malam beliau datang dan masuk kepadaku lalu berbaring bersamaku. “
“Beliau tidur satu selimut denganku, sehingga kulitku bersentuhan dengan kulit beliau, lalu beliau bersabda ” Wahai putri Abu Bakar, Izinkan dan biarkan aku menyembah Tuhanku.” Aisyah berkata ” Aku lebih senang berada didekatmu, tetapi aku tidak dapat mencegahmu untuk lebih mengutamakan menyembah pada-Nya, maka aku mengizinkan beliau meninggalkanku. Kemudian beliau bangkit mendekat pada tempat air untuk mengambil wudhu, aku melihat beliau menggunakan air secara hemat dan tidak banyak menuangkannya sia sia. Selanjutnya beliau berdiri melakukan Shalat, lalu menangis, hingga air mata beliau mengalir sampai dada, lalu beliau ruku dan menangis, kemudian sujud dan menangis, lalu mengangkat kepala dan menangis. Tak henti hentinya beliau berada dalam kondisinya yang begitu, sampai Bilal datang utuk mengumandangkan azan shalat Shubuh.”

Kemudian aku berkata ” Ya Rasulullah, apa yang membuat anda menangis? Padahal Allah telah mengampuni dosa anda baik yang terdahulu maupun yang akan datang.”
Beliau bersabda ” Bukankah aku ini sebagai hamba Allah yang banyak bersyukur, mengapa aku tidak melakukan begitu, sementara Allah telah menurunkan firman –Nya:
” Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kring) nya, dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antar langit dan bumi, sungguh (terdapat) tanda tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. Al Baqarah : 164).
-----------------
Al-Ghazali

Tidak ada komentar: