Senin, 25 Agustus 2008

Cara mudah untuk Introspeksi diri

Cara mudah untuk ber Muhasabah (Introspeksi diri)

Pertama :
Setelah meletakkan kepala di atas bantal ketika mau tidur, bacalah doa doa sebelum tidur, segeralah mengingat segala hal yang telah engkau lakukan hari ini, meliputi amal, dan aktifitas yang baik dan buruk.
Kedua :
Mulailah dengan hal-hal yang berkaitan dengan syahadat, Shalat, sedekah, hal hal yang berkaitan dengan rukun Iman, Iman kepada takdir yang baik maupun yang buruk, dan seterusnya. Jika semua hal yang engkau ingat ternyata tidak bermasyalah maka ucapkan Alhamdulillah , akan tetapi jika engkau dapati hal hal yang buruk maka bacalah ta’awudz,minta perlindungan kepada Allah ta’ala dari gangguan setan, beristighfarlah kepada Allah, bertaubat kepada-Nya, dan menangislah di hadapan-Nya, semoga Allah Ta’ala berkenan menerima taubatmu. Lalu berniat untuk tidak mengulangi kesalahan kesalahan tersebut. Jika ada satu sarana yang mendekatkanmu kepada dosa maka berjanjilah kepada Allah untuk tidak mengulanginya lagi pada hari-hari yang akan datang. Dan tidurlah engkau dalam keadaan telah bertaubat
Ketiga :
Setelah mengingat ingat hal hal yang berkenaan dengan hak Allah, lanjutkan mengingat ingat hal hal yang berkenaan dengan hak hak makhluk. Yakni meliputi Orang tuamu, istrimu, anak anakmu, saudara saudaramu, tetangga tetanggamu, kerabat krabatmu, teman temanmu, kawan kawanmu, dst,.
Jika ternyata engkau belum bisa menunaikan hak hak mereka dengan baik, maka bertaubatlah kepada Allah Ta’ala dan berjanji untuk tidak mengulanginya, lalu mintalah kerelaan mereka.

---------------------------------------------
Disarikan dari tulisan dr.Khalid Abdul Aziz. SpjP

Tidak ada komentar: