Senin, 11 Agustus 2008

Membuat Orang Sependapat

Setiap hari, muncul berbagai keadaan di mana kita perlu meyakinkan orang lain untuk menerima pandangan kita. Perbedaan pendapat muncul dengan teman, anak, atasan, karyawan, pelanggan, tetangga, sahabat atau musuh kita. Respons alamiahnya adalah berdebat. Kita harus belajar membuat respons alamiah kita berupa pesuasi.

Bila orang menentang ide kita, kita menganggapnya sebagai ancaman bagi ego kita. Kita menjadi emosional dan tidak ramah serta berusaha memaksa lawan untuk menerima ide kita. Kita membesar-besarkan argument kita sendiri dan menertawakan argument lawan. Cara ini tidak akan menang.

Satu – satu cara untuk memenangkan perdebatan adalah membuat orang lain mengubah pikiran mereka. Ada berbagai cara untuk mempengaruhi orang lain agar melihat persoalan dari sudut pandang anda.

Tekanan rendah adalah rahasianya. anda harus belajar bekerja sejalan dengan sifat manusia, dan bukan melawannya kalau anda ingin kerkuasa atas orang lain. Katakanlah bahwa ide mereka bodoh, maka mereka akan terus membela ide mereka. Tertawakalah pendapat mereka, maka mereka harus menyelamatkan muka. Gunakanlah ancaman, maka mereka akan menutup pikiran mereka terhadap ide anda, tanpa menghiraukan betapa baiknya ide itu.

Aturan untuk memenangkan perdebatan:

  • Biarkan orang lain menyatakan persoalan mereka.

Jangan menyela; ingatlah untuk mendengarkan. Orang yang mempunyai sesuatu untuk dikatakan, pikirannya disiapkan untuk berbicara. Sebelum mereka mengemukakan pendapatnya, mereka tidak siap mendengarkan ide anda. Kalau anda ingin ide anda didengar, belajarlah untuk lebih dulu mendengarkan mereka.

  • Tunggulah sejenak sebelum anda menjawab.

Ini memberi hasil di mana tidak terdapat perbedaan pendapat. Ketika anda mendapat pertanyaan, pandanglah orang itu, dan tunggulah sejenak sebelum menjawab. Ini akan memberi tahu orang lain bahwa anda menganggap apa yang baru dikatakan cukup penting untuk dipikirkan.

  • Jangan bersikeras untuk menang 100%

Ketika kita terlibat dalam perdebatan, sebagian besar dari kita berusaha membuktikan bahwa kita sepenuhnya benar, dan orang lain salah. Ahli pesuasi selalu memberikan sesuatu dan mendapatkan beberapa hal yang disepakati bersama.

  • Ungkapkanlah pesoalan anda dengan tenang dan akurat.

Kita harus waspada terhadap kecenderungan untuk membesar-besarkan apabila ide kita ditentang. Mengemukakan fakta – fakta dengan tenang merupakan cara paling efektif untuk membuat orang lain berubah pendapat.

  • Berbicaralah melalui pihak ke tiga.

Pengacara yang ingin memenangkan perkara mengumpulkan saksi – saksi yang akan memberikan kesaksian tentang hal – hal yang ingin disampaikan kepada juri. Argumennya akan lebih meyakinkan kalau pihak ke tiga tidak memihak menceritakn peristiwa yang terjadi. Wiraniaga menggunakan surat keterangan dari pelanggan yang puas. Para calon untuk memberi dukungan.

  • Berilah kesempatan orang lain untuk menyelamatkan muka.

Sering kali orang akan dengan senang hati mengubah pendapatnya dan setuju dengan anda kecuali kalau: mereka sudah membuat komitmen pasti, berpendirian kuat, dan tidak bisa mengubah posisi dengan sukarela. Kalau begitu, akan sulit sekali bagi mereka untuk sepandapat dengan anda, kerena untuk itu mereka harus mengakui bahwa mereka salah.

Tidak ada komentar: