Jumat, 22 Agustus 2008

Syarat Doa Terkabul


Amru Khalid Seorang dai, dalam salah satu tulisannya memberikan tips bagi kita supaya doa doa yang kita panjatkan dapat terkabulkan.

Sebuah doa, yakin akan dikabulkan jika terpenuhi empat syarat :

Pertama ,
Yakin bahwa Allah akan mengabulkan Doa.

Sabda Rasulullah “ Berdoalah (kalian) kepada Allah, sementara kalian (harus) yakin akan dikabulkan.” (HR.Tirmidzi. No.3479)

Merasa yakin bahwa doa akan dikabulkan merupakan syarat untuk terkabulnya sebuah doa .

Kedua,
Khusyu saat berada dihadapan Allah.

Sabda Rasulullah “ Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan doa (yang keluar) dari hati orang yang lalai dan main main. (HR. Tirmidzi. No.3479)

Ketiga,
Tidak terburu buru

Rasulullah bersabda “ Akan dikabulkan bagi (doa) salah seorang diantara kalian selama ia tidak terburu buru” ( HR. Imam Bukhari. No.6340)

Yangdimaksud terburu buru disini adalah, jika seorang berkata “ Sungguh saya telah berdoa tetapi saya tidak melihat doa saya itu dikabulkan .“ kemudian ia pun meninggalkan doa tersebut, tidak mau lagi mengulanginya. Orang yang melakukan perbuatan seperti itu adalah seperti orang yang menanami ladang dan telah menebar benih tanaman didalamnya, kemudian ketika tanaman itu mulai membesar ia malah berkata ” Tampaknya tanaman ini tidak akan membesar ” dan ia meninggalkannya.

Keempat,
Memakan rezeki yang Halal

Rasulullah bersabda “ Sesungguhnya Allah itu maha baik , (dan) Dia tidak akan menerima selain yang baik baik, dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang orang beriman, apa yang telah diperintahkan (oleh)Nya kepada Rasul.” (HR. Imam Muslim. No.2343).




Tidak ada komentar: